Deskripsi Pencapaian Kompetensi Kurikulum 2013
Dalam penilaian
kurikulum 2013 ada 3 aspek yang harus dinilai yaitu sikap, pengetahuan,
serta keterampilan. Dalam pelaporan (raport) hasil belajar siswa
nantinya, tidak hanya nilai yang dicantumkan melainkan juga deskripsi
pencapaian kompetensi siswa. Setiap aspek yang dinilai baik sikap,
pengetahuan, maupun keterampilan guru wajib memberi deskripsi pencapaian
kompetensi siswa. Hal ini, sesuai dengan lampiran Permendikbud Nomor 66
Tahun 2013 Bab II, Bagian E poin e nomor 1) dan 2) menyatakan bahwa
penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri
atas laporan hasil penilaian oleh pendidik yang berbentuk:
- nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.
- deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
Nah, sekarang
yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya membuat deskripsi
pencapaian kompetensi siswa tersebut? Deskripsi pencapaian kompetensi
siswa, secara umum dapat diisi dengan kalimat yang menggambarkan
mengenai kompetensi apa yang paling menonjol atau paling dikuasai siswa
yang bersangkutan dalam suatu mata pelajaran tertentu serta kompetensi
mana yang memerlukan usaha pengembangan. Secara lebih rinci, berikut ini
akan saya jabarkan deskripsi pencapaian kompetensi dari setiap aspek:
Pengetahuan
Diisi dengan
kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait kemampuan anak dalam
tiap muatan pelajaran dan apa yang perlu usaha pengembangan untuk
mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya
Ketrampilan
Diisi dengan dalam
kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu
usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada
kelas yang diikutinya
Sikap
Hampir sama
dengan aspek keterampilan yaitu diisi dengan dalam kalimat positif
tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya
Sebagai
contohnya, berikut ini merupakan deskripsi pencapaian kompetensi mata
pelajaran Teknologi Dasar Otomotif yang saya kutip dari juknis model
raport SMK
Pengetahuan
Sudah memahami
semua konsep keterampilan, kecuali peran aktivitas fisik dalam
pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan. Perlu
lebih tekun dalam memahami peran aktivitas fisik dalam pencegahan
penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.
Keterampilan
Sudah memiliki
kompetensi keterampilan dasar otomotif, namun kurang memperhatikan aspek
keselamatan kerja. Perlu lebih teliti memperhatikan aspek keselamatan
kerja dalam melakukan kegiatan praktik baik di dalam maupun di luar
bengkel.
Sikap
Sudah
menunjukkan kepedulian terhadap masalah sepeda motor dan berperilaku
ilmiah (tekun, teliti, jujur menyajikan data dan fakta), namun kurang
percaya diri dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi secara
lisan. Perlu berlatih meningkatkan kepercayaan diri untuk berani
berargumentasi secara lisan.
ConversionConversion EmoticonEmoticon